gempa di pagi ini

13 Oktober 2011 § Tinggalkan komentar

Siang ini saya membaca di berita internet yang berjudul Bali Diguncang Gempa 6,8 SR. Menurut informasi gempa terjadi pada pukul 10.16 WIB, dengan koordinat 9.89 LS, 114.53 BT atau sekitar 143 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Mudah-mudahan saudara-saudara yang ada di Bali baik-baik saja.

peta pulau Bali

Sesuai dengan kondisi geografis, karena wilayah Indonesia dikepung tiga lempeng tektonik dunia, Indonesia juga merupakan jalur The Pasicif Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yang merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia, selain itu, Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ini, juga mengandung sangat banyak gunung-gunung dan gunung-gunung tersebut sebagian besarnya merupakan gunung aktif/berapi.  Sehingga Indonesia termasuk dalam kategori wilayah yang sangat labil, rawan terhadap bencana gempa bumi.

cincin api pasifik yang melewati Indonesia

Saya masih ingat dengan Gempa bumi yang melanda Yogyakarta Mei 2006. Gempa yang melanda Yogyakarta kala itu adalah peristiwa gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta danJawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. bahkan versi United States Geological Survey melaporkan bahwa gempa terjadi sebesar 6,2 pada skala Richter. Getarannya sangat kuat dirasakan, sangat luar biasa sampai-sampai lantai rumah saya seperti diombang-ambingkan. Kepanikan dirasakan warga Yogyakarta dan Sekitarnya. Penduduk berhamburan keluar rumah, bagi yang rumahnya di daerah tepi pantai berbondong-bondong mengevakuasi diri mencari daerah yang lebih tinggi yang dirasa aman bila sewaktu-waktu terjadi tsunami. Baru pertama kali saya mengalami peristiwa gempa bumi sekuat itu. Syukur Alhamdulillah saya dan keluarga masih diberikan keselamatan dan perlindungan pada peristiwa gempa waktu itu.

peta perkiraan  pusat gempa Yogyakarta 27 Mei 2006

Bagi yang pernah merasakan secara langsung peristiwa gempa bumi maupun menyaksikan akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi, pasti hatinya  akan tergetar sedahsyat getaran gempa bumi untuk mengakui kebesaran Sang Kuasa. Hanya dalam waktu singkat dan dalam beberapa detik saja bangunan-bangunan yang kokoh dapat roboh dan hancur. Betapa Maha Besarnya Sang Pencipta Dunia ini. Dengan berbagai bencana yang telah melanda negeri ini marilah kita bersama-sama untuk lebih berinstropeksi diri lebih bertaqwa kepada Sang khalik, tunduk dan patuh pada perintah-Nya. Mudah-mudahan jika sewaktu-waktu terjadi bencana kita senantiasa diberikan perlindungan dan keselamatan, Aamiin…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading gempa di pagi ini at mas ady.

meta

%d blogger menyukai ini: